KORUPSI!!!!!! "PEMBUNUH" #1 di INDONESIA ayo Lawan,Awasi dan Laporkan demi Indonesia yang lebih baik.......

Pages

17 Okt 2010

Swiss Gali Terowongan Terpanjang Dunia

Para pekerja Swiss melakukan pengeboran terowongan terpanjang di dunia menembus lapisan batuan terakhir, pada Jumat (15/10), penobatan lebih dari satu dekade kerja.

Dengan (35.5 mil) 57,1 km panjang terowongan di bawah masif Gotthard akan mulai beroperasi pada tahun 2017, mengambil beberapa puluhan ribu ton barang yang melintasi pegunungan Alpen dengan jalan setiap hari.

 
Tampil langsung di televisi Swiss, secara resmi membobol tanah selebar 10 meter beberapa sentimeter terakhir dari batuan.
"Kami tanggung bersama risikonya. Kami juga capai bersama, karena kami tahu gunung itu besar tapi kami kecil," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Transportasi Swiss Moritz Leuenberger.
Proyek ini dengan biaya lebih dari 12 miliar franc Swiss (US$ 12,58 miliar), atau sekitar Rp 100 triliun-an.

Lebih dari 200 kereta api pada kecepatan hingga 250 km per jam (150 mph) akan dapat melewati terowongan setiap hari dan jumlah barang yang diangkut hampir akan berlipat ganda menjadi sekitar 40 juta ton per tahun, menurut Alp Transit Gotthard yang sedang membangun terowongan.
Ini akan membantu mengurangi waktu perjalanan antara dari Zurich dan Milan dari satu jam hingga dua jam dan 40 menit.
Sekitar 13 juta meter kubik batu telah digali dari gunung, setara dengan lima kali volume Great Pyramid Mesir di Giza.
Sebelumnya, terowongan terpanjang adalah jalur kereta api bawah laut Seikan antara pulau Jepang Honshu dan Hokkaido, dengan panjang 53,85 km (33,46 mil), diikuti oleh 50,45 km (31,35 mil) rel terowongan yang menghubungkan Inggris dengan Perancis di bawah Channel.

Sumber: id.ibtimes.com

Artikel Terkait



0 komentar:

 
Powered by Blogger