KORUPSI!!!!!! "PEMBUNUH" #1 di INDONESIA ayo Lawan,Awasi dan Laporkan demi Indonesia yang lebih baik.......

Pages

8 Mei 2010

Depresi Penyebab Terbesar Serangan Stroke

cheats.  Tak bisa dipungkiri akhir-akhir ini penyakit mematikan kerap menyerang masyarakat Indonesia. Penyebabnya adalah perubahan gaya hidup dan pola makan yang salah. Selain itu kurang olahraga dan konsumsi rokok merupakan penyebab yang saling berhubungan. Dr Suryo Dharmono yang menjabat sebagai Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK-UI) dalam seminar tentang relasi antara depresi, penyakit jantung, dan stroke, di Jakarta, membeberkan kombinasi depresi dan penyakit jantung berupa penyempitan pembuluh darah atau pada stroke dapat meningkatkan angka kematian. Selain itu menurutnya depresi pada pasien stroke menunjukkan prevalensi sekitar 27-45%.



Penderita stroke yang depresi akan memperlambat proses penyembuhan, memperberat gejala fisik, mengganggu rehabilitasi, dan meningkatkan angka kematian. "Depresi menyebabkan penderitanya tidak berminat terhadap hal-hal yang sebelumnya amat dia sukai. Selain itu depresi membuat energi terkuras, sehingga lekas merasa letih dan lelah," terangnya. Sementara itu penyakit jantung akibat penyempitan pembuluh darah koroner menghambat aliran darah kaya oksigen ke otot jantung.


Stroke bisa dipicu oleh berbagai penyakit antara lain hipertensi, penyakit jantung, diabetes mellitus, dan berbagai keadaan seperti usia yang lanjut, obesitas, merokok, suku bangsa (negro/Spanyol), jenis kelamin (laki-laki), dan kebiasaan kurang berolahraga. "Penanganan yang komprehensif terhadap penderita penyakit jantung iskemik dan stroke sangat perlu untuk memberikan perhatian pada pengelolaan depresi. Pengelolaan yang benar terhadap depresi merupakan faktor penting demi tercapainya pemulihan optimal," pungkas Suryo.

Artikel Terkait



0 komentar:

 
Powered by Blogger