KORUPSI!!!!!! "PEMBUNUH" #1 di INDONESIA ayo Lawan,Awasi dan Laporkan demi Indonesia yang lebih baik.......

Pages

8 Mei 2010

Kiat Berbaur dengan Penduduk Setempat

Traveler
Manfaat untuk menyatu dengan budaya setempat tidak dapat diremehkan. Saat berbaur, Anda bisa mendapat keintiman dengan budaya lokal yang mungkin tidak diberikan kepada orang luar sehingga Anda tetap aman saat berada di sana.
Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk berbaur dengan penduduk lokal ketika Anda sedang melakukan perjalanan:
1. Memakai pakaian sederhana 
Ketika datang ke sebuah tempat baru, pakaian yang Anda kenakan adalah garis pertahanan pertama. Pakaian sederhana hampir selalu merupakan cara ampuh ketika bepergian dan ingin berbaur dengan penduduk lokal.
2. Bawa pakaian yang dapat Anda pakai di mana saja
Jika Anda membawa pakaian yang serbaguna, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk dapat berbaur dalam situasi yang berbeda. Sayangnya, pakaian yang khusus dirancang untuk perjalanan seperti celana pendek kargo misalnya tidak selalu menyesuaikan diri dengan cara berpakaian penduduk setempat seperti beberapa negara di Timur Tengah misalnya.


3. Sembunyikan kamera dan perlengkapan wisata lainnya 
Mengambil foto-foto perjalanan Anda merupakan hal yang wajar dan sangat menyenangkan, tetapi jika ingin berbaur, Anda mungkin harus lebih berhati-hati. Dengan membawa kamera besar yang digantungkan di leher bisa menarik perhatian para pencuri. Anda bisa membawa kamera tetapi harus sedikit dirahasiakan terlebih di titik-titik dimana memotret merupakan hal yang dilarang. Hal yang sama juga berlaku untuk tas pinggang, buku panduan, dan sejenisnya. Anda dapat membawanya, tetapi cobalah untuk tetap berhati-hati.
4. Memakai sepatu yang sesuai 
Tampaknya, dalam hal tertentu sepatu putih atau sepatu lari yang dipasangkan dengan kaus kaki putih adalah hal yang aneh. Di negara-negara Eropa misalnya, sepatu jenis ini hanya dipakai ketika bekerja, bukan dalam bentuk apapun dalam situasi publik. Jadi bisa masuk akal bahwa sepatu putih yang terang bisa menarik perhatian dan ini kebalikan dari blending yang berarti masuk atau berbaur.
5. Beli pakaian di tempat tujuan Anda.
Jika Anda memiliki anggaran berlebih, pertimbangkan untuk membeli beberapa pakaian saat tiba di tempat tujuan. Pastikan Anda membeli di mana penduduk lokal biasa melakukannya dan tidak pada toko suvenir yang dirancang untuk wisatawan.
6. Mencari gambar melalui website
Gambar tempat yang ditemukan dalam berita dan sumber-sumber online lainnya benar-benar dapat memberitahu Anda untuk melihat seperti apa tempat tujuan Anda. Dari sini Anda juga bisa mengetahui bagaimana orang-orang berpakaian. 

7. Kendalikan uang Anda 
Jika Anda memahami nilai mata uang lokal dan berbagai denominasi, bawalah dengan cara langsung di dalam dompet atau tas. Dengan begini Anda dapat bertransaksi dengan cepat dan cara berbaur menjadi jauh lebih baik.
Meraba-raba dengan uang tidak hanya akan membuat Anda tampak seperti orang luar, tetapi juga bisa menarik perhatian pencuri. Perlu diingat, bahwa Anda harus membawa hanya apa yang Anda perlukan untuk satu hari dalam dompet atau tas sedangkan barang-barang penting lainnya seperti paspor bisa Anda tinggal di hotel agar lebih aman.
 
8. Besikaplah sopan 
Terkadang penduduk lokal tidak ingin diperlakukan seperti mereka hidup untuk menyenangkan Anda Jadi, Anda bisa mulai berbaur dengan mengatakan halo kemudian ambil isyarat dari mereka. Jika sudah berbaur sebisa mungkin berlaku sopan dan tidak melukai perasaan orang lain.
9. Rencanakan kegiatan dan rute perjalanan Anda 
Jika Anda memiliki rencana mengenai apa yang akan Anda lakukan dan bagaimana menuju kesana, Anda akan dapat melewati hari Anda dengan penuh keyakinan. Anda bisa merencanakan rute mengemudi atau memeriksa kembali peta transportasi umum di kamar Anda, bukan di sudut jalan atau di tengah perempatan.
10. Membeli barang di toko-toko lokal 
Mungkin tidak ada tempat yang lebih baik untuk belajar mengnai banyak hal dari toko bahan makanan lokal. Selain itu Anda juga bisa potong rambut di tukang cukur lokal, atau membeli makan siang di rumah makan lokal.
11. Hindari jalur wisata usang
Jika Anda benar-benar ingin berbaur dengan penduduk setempat maka Anda harus pergi keluar dan bergaul bersama penduduk setempat. Hal ini tidak akan Anda dapatkan jika mengikuti trek wisata yang sudah usang. Ini berlaku untuk hampir semua yang Anda lakukan. Jadi cobalah untuk tinggal di sebuah tempat, selain hotel wisata yang populer atau pergi ke tempat-tempat lain yang tidak ada di buku panduan wisata.
12. Pelajari dan gunakan beberapa bahasa lokal
Jika Anda tidak tahu bagaimana mengatakan sesuatu, tanyakan saja. Biasanya banyak penduduk setempat akan dengan senang hati membantu Anda untuk belajar. Semakin Anda sering berlatih maka semakin baik pula penguasaan bahasa. Hal ini dapat membuka pintu yang dapat menuntun Anda masuk lebih jauh ke dalam budaya lokal.
13. Menyapa
Menyapa adalah hal yang paling mudah dan murah. Cukup dengan tersenyum dan berkata halo dengan orang yang Anda temui maka proses pembauran akan terasa lebih mudah.
 
14. Mengatur volume suara
Masing-masing tempat di setiap daerah mempunyai kebiasaan yang berbeda. Jika wilayah tersebut terkesan tenang maka Anda bisa berbicara dengan nada yang tidak tinggi. Namun hal ini tidak berlaku di pasar dimana suara Anda harus terdengar jelas dan keras agar orang lain dapat mengerti maksud Anda.
15. Buat persiapan dan jadilah pengendara yang baik
Anda tentunya tidak ingin berkendara melewati batas waktu yang telah ditentukan, atau melihat keluar jendela untuk memperhatikan jalan yang bIsa mengganggu pengguna lainnya. Jadi, cobalah untuk memeriksa peta dan rute atau mengajak seseorang untuk menyetir sementara Anda melihat peta.
16. Perhatikan lalu ikuti
Jika Anda ingin berbaur dengan penduduk setempat, perhatikan bagaimana bertindak lokal, apa yang mereka lakukan, di mana mereka berkumpul, bagaimana mereka berpakaian dan kemudian mengikutinya.
17. Percaya diri
Warga cenderung tidak berjalan dengan mata terbelalak di sekitar lingkungan mereka sendiri. Terlihatlah seperti Anda tahu apa yang sedang Anda lakukan dan tahu kemana Anda akan pergi sehingga orang lain akan berpikiran sama, bahkan jika sebenarnya Anda tidak tahu.
18. Pertimbangkan alternatif penginapan 
Sebuah homestay atau sewa apartemen di lingkungan pemukiman akan memberikan Anda lebih banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan penduduk setempat daripada tinggal di sebuah hotel di bagian kota wisata.
19. Melihat acara lokal
Lihat brosur dan daftar hiburan lokal untuk mencari konser, festival, dan acara lain yang akan menarik wisatawan lokal. Atau Anda bisa pergi ke perpustakaan atau gereja untuk berbaur dengan penduduk lokal
20. Jadilah dirimu sendiri
Ada begitu banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat diri Anda berbaur ke dalam budaya lokal. Tapi Anda tetap harus jadi diri sendiri saat berbaur dengan mereka. Hanya dengan mengatakan halo dan bersikap tidak terlalu dingin, itu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Sumber - Mediaindonesia

Artikel Terkait



0 komentar:

 
Powered by Blogger