KORUPSI!!!!!! "PEMBUNUH" #1 di INDONESIA ayo Lawan,Awasi dan Laporkan demi Indonesia yang lebih baik.......

Pages

27 Apr 2010

Wanita Korsel Catat Rekor Taklukkan 14 Puncak Tertinggi Dunia


Wanita Korsel Catat Rekor Taklukkan 14 Puncak Tertinggi DuniaKATHMANDU--Seorang pendaki gunung Korea Selatan hari Selasa menjadi wanita pertama yang menaklukkan 14 gunung tertingi dunia, suatu pendakian yang disiarkan secara langsung televisi, meskipun rekornya diliputi pendakian yang disengketakan. Tayangan panjang di Korea Selatan menunjukkan Oh Eun-Sun menancapkan bendera nasionalnya di puncak Annapurna, puncak setinggi 8.091 meter di Nepal -- mengalahkan wanita pendaki lainnya dalam berlomba mengumpulkan rekor 14 puncak gunung.

Prestasi trsebut berarti Oh (44) menjadi wanita pendaki pertama yang telah menaklukkan semua gunung di dunia yang tingginya di atas 8.000 meter. "Mansae! (Hurrah!), " teriak Oh, sambil mlambaikan tangannya dan bersujud menghadap juru kamera yang mendampinginya dari televisi KBS, Korea Selatan. "Saya merasa senang dan terima kasih," katanya sambil menangis bahagia.


Dalam pesannya melalui televisi kpada orang tuanya, Oh mengatakan, "Mama, Papa, Saya merindukan kalian. kini saya ingin pulang." Tetapi, tempat Oh dalam sejarah pendakian jauh dari pasti. Pekan lalu, pendakiannya tahun 2009 di Gunung Kanchenjunga di perbatasan Nepal-Tibet diragukan saat seorang tokoh terkemuka di pendakian Himalaya mengatakan para rekan pendakinya menyatakan skeptis.

Elizabeth Hawley mengatakan pendakian Oh itu akan dianggap "disengketakan" karena para rekan pendakinya, termasuk saingan utamanya untuk mencatat rekor tersebut, Edurne Pasaban, mempertanyakan apakah benar ia telah mencapai puncak gunung tersebut. Pasaban (36) menaklukkan Annapurna awal bulan ini, sehingga menjadi wanita pertama Spanyol yang berhasil menaklukkan gunung itu dan hanya satu gunung lagi yang perlu ditaklukkan.

Pasban kini sedang menuju Tibet, tempat ia akan berusaha mlakukan penakian terakhirnya di "eight-thousander" (gunung yang puncaknya di atas 8.000 meter dari permukaan laut), Shisha Pangma, puncak terendah dari 14 puncak gunung tertinggi di dunia, yakni 8.027 meter. Hanya 18 orang yang sebelumnya berhasil menaklukkan 14 "eight-thousanders", yang semuanya berada di Pegunungan Himalaya dan Karakoram wilayh Asia, sejak pendaki Italia Reinhold Messer menjadi orang pertama yang menctat rekor tersebut tahun 1986.

Usaha Oh untuk mencatat rekor mendaki puncak paling berbahaya di dunia itu menimbulkan kehebohan di tanah airnya. Ia didampingi oleh pendaki profesional lainnya yang membawa kamera, dan televisi KBS menayangkan secra langsung liputan selama berjam-jam itu.

Pasaban kini sedang dalam perjalanan ke "base camp" Shisha Pangma di Tibet setelah i berhasil menaklukkan Annapurna. Penyelenggara ekspedisinya, Anjan Rai Thamserku Trekking, mengatakan kpada AFP bahwa Pasaban berusaha mendaki sesuai jadwalnya. "Ia sudah menyesuaikan diri dengan iklim secara baik dari Annapurna, jadi ia mungkin mampu menaklukkan (Shisha Pangma) dalam tiga pekan," katanya.

Giliran berikutnya yang berusaha menaklukkan 14 gunung itu adalah Gerlinde Kaltenbrunner dari Austria. Ia telah menaklukkan semua gunung itu, kecuali dua puncak tertinggi di dunia, yakni Everest dan K2. Pendaki berusia 39 tahun itu, yang melakukan pendakian tanpa oksigen, sekarang ini sedang mnyesuaikan diri dengan iklim di Everest, mempersiakan diri pendakiannnya dari daerah yang jarang digunakan di bagian utara.


REPUBLIKA.co.id

Artikel Terkait



0 komentar:

 
Powered by Blogger