KORUPSI!!!!!! "PEMBUNUH" #1 di INDONESIA ayo Lawan,Awasi dan Laporkan demi Indonesia yang lebih baik.......

Pages

30 Mar 2010

Predator seksual menghantui kamp Haiti


Sebuah penelitian delegasi dari Amnesty International baru-baru ini menghabiskan tiga minggu di Haiti memeriksa kondisi hak asasi manusia di negeri ini.
Laporan awal temuan, yang bisa didownload di sini, adalah sangat diperlukan panggilan bangun pagi untuk Haiti berwenang, terutama ketika datang ke kerentanan perempuan dan gadis di kamp.
Pertimbangkan ini:
An 8-tahun-gadis berusia sendirian di sebuah tenda diperkosa di malam hari.


A 15-tahun-gadis berusia diperkosa di sebuah kamp di malam hari ketika dia pergi keluar untuk menggunakan kamar kecil.
Sembilan belas perempuan diperkosa di satu kamp sendirian.
Ini adalah hanya beberapa dari temuan mengganggu oleh Amnesty International


Pihak berwenang di Haiti harus memprioritaskan memperkuat kehadiran polisi di kamp-kamp, terutama pada malam hari, termasuk kapasitas untuk melindungi perempuan dan anak perempuan dari kekerasan seksual dan untuk merespon secara memadai untuk melaporkan kasus-kasus

    
Chiara Liguori, Amnesty International peneliti

Saya berharap saya bisa mengatakan laporan kejutan saya, tetapi itu tidak. Saya telah ke Haiti tiga kali sejak gempa dan mampu melihat perkembangan pembangunan di kamp.
Berikut adalah berita baik: Pada kesan pertama situasi di kamp-kamp semakin membaik.
Tidak seperti pertama kali aku tiba di Port au Prince beberapa hari setelah gempa, kini memiliki banyak kamp tenda-tenda yang kokoh (dengan logo di bagian luar dari LSM atau organisasi internasional yang disumbangkan kemudian).
Beberapa kamp memiliki mobile toilet, dan beruntung juga memiliki fasilitas penyimpanan air tawar.


Aku di Port au Prince sekarang ketika saya menulis ini, dan untuk pertama kalinya aku melihat apa yang mereka panggil "sementara / permanen" kamp-kamp.
Ini disusun dalam barisan puluhan, di bebatuan untuk menghindari banjir selama hujan.
Kamp-kamp ini yang dikelilingi oleh kawat duri dan dengan lampu banjir untuk malam hari keamanan. Ini tidak ideal, dan ada risiko yang nyata ini sementara / permanen menjadi permanen kamp kumuh, melanjutkan siklus kemiskinan. Tetapi untuk sekarang, setidaknya untuk beberapa orang yang memiliki akses ke kamp-kamp ini, itu satu langkah lebih dekat dari neraka.


Berikut adalah berita buruk:
Pada semua perjalanan ke kamp-kamp di Port au Prince, termasuk saya yang paling terakhir kunjungan pada hari Sabtu, ini adalah jumlah total polisi saya lihat memberikan keamanan: 0. Ya, nol.
Ada sekitar 1,2 juta orang masih tinggal di kamp-kamp di Port au Prince, dan mayoritas dari mereka yang adalah perempuan dan anak-anak tidak memberikan keamanan dari predator seksual di malam hari. Kebanyakan kamp tidak ada listrik.

Ketika Anda, istri Anda, saudara perempuan atau putri pergi tidur di malam hari, pintu dapat dikunci untuk tidur dalam damai. Di kamp, para wanita tidak memiliki semacam kemewahan.
Jadi sementara para wanita mungkin akan lebih kuat untuk tidur di tenda, kesejahteraan fisik mereka tidak lebih baik daripada dua bulan lalu.
Di hampir setiap kamp, aku mendengar cerita tentang perempuan diperkosa atau dilecehkan di malam hari. Dalam satu kamp situasi sangat buruk, laki-laki, kamp-kamp tidak resmi penyelenggara, membawa masalah ke tangan mereka sendiri dan mulai berpatroli di malam hari dengan parang untuk melindungi saudara perempuan dan ibu mereka.

Ini adalah dan masih merupakan praktik umum.
Mengapa tidak fokus yang lebih besar yang diletakkan di kamp keamanan, terutama di malam hari?
Mengapa tidak ada pos polisi didirikan di kamp-kamp di malam hari?
Dan apa gunanya tenda yang kokoh dan tangan beluk beras jika di malam hari Anda masih beresiko memiliki tubuh Anda diserang?
Telah ada banyak fokus oleh PBB dan militer asing / aparat keamanan untuk melindungi aset (baca: bandara, pelabuhan, peralatan) tapi bagaimana melindungi aset manusia?
Saya tidak ragu Haiti elit politik telah mendengar laporan tentang apa yang terjadi pada beberapa perempuan mereka di kamp. Apa yang mereka lakukan tentang hal ini - atau seberapa serius mereka mengambil itu - tidak jelas bagi saya didasarkan pada apa yang saya lihat di tanah.
Minggu ini pada konferensi donor akan ada banyak pembicaraan tentang miliaran dolar uang untuk rekonstruksi, dan langkah-langkah berikutnya dalam perkembangan Port au Prince.
Tidak akan berani janji yang dibuat di depan lampu blitz dan kamera video pada konferensi pers di New York.
Akan ada orang-orang berjabat tangan dan tersenyum dan memberikan pidato mewah.
Dan pada malam hari para pembuat keputusan akan pergi untuk makan malam mewah di New York dan pensiun ke kamar hotel mereka.
Dan sebagai laporan Amnesti begitu benar menunjukkan, di Port au Prince, di bawah sampul kegelapan, akan ada ratusan ribu perempuan dan anak-anak masih tidur setiap malam tidak tahu apakah mereka akan aman dari predator seksual.
Ya, saya tahu ada banyak masalah di Haiti yang membutuhkan perhatian segera. Saya mendapatkan itu. Tapi kau tak bisa mengatakan satu item pada agenda yang lebih penting daripada melindungi perempuan rentan dari pemerkosa. Ini bukan masalah discretionary untuk mengambil.
Ini adalah hak asasi manusia yang sedang kita bicarakan. Keamanan wanita di kamp-kamp perlu diatasi dan ditangani dalam hari-hari setelah gempa.
Sudah lebih dari 75 hari - bulan setelah gempa - dan aku sedih untuk mengatakan bahwa saya tidak yakin banyak yang telah dilakukan tentang hal ini.


Sumber: blogs.aljazeera.net

Artikel Terkait



0 komentar:

 
Powered by Blogger